Digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan perangkat internet untuk pelaksanaannya. Bicara mengenai internet, smartphone juga memiliki peran penting pada implementasinya. Di era yang serba digital seperti sekarang ini, digital marketing dirasa menjadi strategi yang paling tepat serta ampuh. Semakin pesatnya pertumbuhan teknologi internet membuat perkembangan jumlah pengguna internet juga semakin banyak. Di Indonesia sendiri, pengguna internet menduduki peringkat ke-enam terbanyak di dunia.
Alasan tersebutlah yang membuat banyak pasar konvensional berpindah ke pasar digital (digital marketing). Masyarakat digital akan lebih memilih menggunakan media internet untuk menemukan informasi yang diperlukan, bahkan mungkin melakukan transaksi jual beli juga melalui internet.
Sebelum menjalankan strategi digital marketing, ada langkah-langkah yang harus anda ketahui terlebih dahulu. Dalam pelaksanaannya, digital marketing memiliki empat langkah yang dikenal dengan AIDA (Awareness, Interest, Desire and Action). Awareness adalah langkah awal untuk memperkenalkan produk anda kepada masyarakat. Interest akan muncul ketika masyarakat mengetahui brand anda sesuai dengan keinginannya. Muncullah desire atau hasrat ingin memiliki produk dan kemudian adanya action untuk membeli produk anda.
Implementasi pada digital marketing, peran website tidak kalah penting, karena website perusahaan akan dapat membantu anda dalam membangun brand awareness hingga action, karena dalam website, perusahaan dapat mencantumkan profil tentang perusahaan mulai dari sejarah, tujuan dan bahkan proses penawaran serta jual beli dapat dilakukan langsung melalui website.
Biacar mengenai website, tingkat efektifitas sebuah web dapat dipengaruhi oleh seberapa menarik desain web yang ditampilkan, bagaimana isi web konten ditampilkan dapat menumbuhkan awareness bagi para pengunjungnya. Biasanya meliputi beberapa hal yang saling terkait, diantaranya tampilan, konten-konten yang digunakan dan up to date.
Selain tampilan secara visual, sistem dan struktur manajemen website yang baik juga mendukung efektivitas website. Sebuah website yang baik, tentunya dilengkapi dengan modul SEO (Search Engine Optimization) Friendly, dimana modul SEO tentunya sangat mendukung website anda agar mudah ditemukan karena dengan menggunakan SEO website anda akan muncul pada halaman pertama mesin pencari dengan kata kunci yang berkaitan dengan konten website anda. Yang tidak kalah penting adalah tampilan responsive website dengan tampilan mobile tentunya menjadi pendukung yang sangat membantu fleksibilitas website anda ketika di akses melalui ponsel.
Hal yang perlu diperhatikan selain website adalah social media karena bersamaan dengan semakin tingginya pengguna internet, semakin banyak pula pengguna media sosial. Hal ini dapat anda manfaatkan untuk membuat akun resmi perusahaan anda di media sosial guna memperlihatkan eksistensi perusahaan anda. Jika SEO digunakan untuk website, maka untuk optimalisasi sosial media SMO (Social Media Optimization) diperlukan untuk membuat visibilitas profil akun anda lebih mudah.
Selain dari sistem yang baik, konsistensi update konten baik website maupun media sosial anda akan membuat pengunjung tidak bosan dan menunjukkan bahwa website dan sosial media anda masih eksis. Jadi, jangan malas untuk melakukan update konten serta maintenance pada website dan akun media sosial anda.