
Apakah brand dan branding itu? Apakah kedua hal tersebut sama? Mungkin pentanyaan tersebut adalah pertanyaan yang paling banyak diutarakan oleh sebagian orang, mengenai brand dan branding. Bagi anda yang baru atau akan memulai bisnis sebagaiknya mengetahui lebih lanjut apakah brand dan branding itu? Hal mendasar yang perlu anda ketahui adalah bahwa kedua hal tersebut sama sekali berbeda namun memiliki keterkaitan satu dengan lainnya.
Branding merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan brand bagi perusahaan atau bisnis anda. Di dalam kegiatan branding mencakup beberapal kegiatan, diantaranya adalah brand positioning, devising brand strategy, creating name, creating brand identity or product identity, writing brand messaging, and setting brand standart.
Brand Positioning kegiatan mencari dimana target pasar yang tepat sehingga produk atau brand anda tidak berada pada pasar yang salah.
Devising brand Strategy adalah bagaimana anda membuat rencana bagaimana proses yang akan anda lakukan dalam mencapai tujuan anda.
Creating Name merupakan proses pembuatan identitas verbal perusahaan anda dengan memberikan nama yang menarik dan mudah diingat oleh pasar.
Creating Brand or Product Identity adalah proses anda menciptakan produk apa yang akan anda kembangkan, apakah dalam bentuk barang, jasa, ataupu makanan.
Writing Brand Messaging sebuah proses penciptaan pesan produk anda yang mana pesan ini diperuntukkan ke konsumen atau target pasar anda. Writing brand messaging ini termasuk pembuatan jargon maupun jingle untuk produk anda.
Setting Brand Standart daalam proses ini lebih megutamakan tentang konsistensi dan kekuatan yang dimiliki oleh brand anda.

Jika branding adalah proses bagaimana sebuah brand tercipta, maka pengertian sesungguhnya dari brand yang dimaksud adalah hasil dari usaha branding. Brand adalah sesuatu yang menjelaskan siapa anda dan apa yang anda dengan menggunakan identitas visual, dialog verbal dan gaya tindakan anda. Hal tersebut digunakan untuk hampir semua komunikasi pemasaran anda. Merupakan bagaimana masyarakat mengidentifikasi, mengetahui dan mengingat anda.
Jadi kesimpulannya, brand dan branding adalah dua hal yang berbeda namun memiliki keterkaitan yang erat satu sama lainnya. Brand adalah sebutan untuk merek produk anda, sedangkan branding adalah proses menciptakan brand anda.
Dalam perusahaan biasanya memiliki tim tersendiri untuk aktivitas branding. Namun dalam aplikasi perencanaan proses writing brand messaging, perusahaan lebih banyak membuat konsep dan di aplikasi ke dalam bentuk logo dan jargon pada sebuah tim yang terpisah. Jika dalam perusahaan tidak memiliki SDM untuk mengaplikasikan konsep brand messaging, perusahaan biasanya akan menggunakan jasa perusahaan pembuatan logo dan jargon. Sebernarnya jika perusahaan anda tidak memiliki SDM dengan skill pembuatan logo, akan lebih efektif jika anda menggunakan jasa perusahaan yang spesialis dalam bidangnya. Hal tersebut akan menguntungkan perusahaan anda, karena dengan menggunakan jasa perusahaan lain, anda tidak perlu memikirkan biaya untuk karyawan baru, yang anda keluarkan hanya mengenai biaya jasa untuk pembuatan logo.
